Selasa, 27 September 2016

Menganalisa Masalah-masalah Sosial di Masyarakat



          Masalah-masalah Sosial yang Terjadi di Masyarakat



                 Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, banyak sekali masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakatnya. Faktor terbesarnya adalah padatanya penduduk di negara-negara berkembeang atau dalam kata lain jumlah penduduk negara tersebut meningkat tajam atau terus bertambah tetapi sumber daya manusianya tidak cukup berkembang atau maju. Masalah sosial umumnya terjadi di daerah perkotaan. Terutama di daerah perkotaan yang besar, tentunya masalah sosialnya cukup banyak, dan beragam.


                Ini disebabkan daerah perkotaan dijadikan sebagai pusat kehidupan sosial, ekonomi dan politik masyarakat yang kemudian menjadi suatu tempat yang diidam-idamkan oleh orang-orang yang mempunyai keinginan untuk melakukan mobilisasi sosial. Proses bermigrasinya penduduk desa ke kota yang sering kali disebut dengan istilah “urbanisasi” ini mengakibatkan tingginnya angka pertumbuhan penduduk di wilayah perkotaan. Akibatnya munculah muncul berbagai permasalahan sosial yang kompleks, saling terkait satu sama lain dan sulit untuk terselesaikan.



-) Definisi masalah sosial dapat diartikan berbeda-beda menurut beberapa para ahli :

1. Menurut Martin S. Weinberg mengemukakan bahwa masalah Sosial merupakan situasi yang dinyatakan sebagai keadaan yang bertentang dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting, dimana masyarakat sepakat melakukan suatu tindakan guna mengubah situasi tersebut.

2. Menurut Lesli, masalah sosial sebagai suatu kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan atau tidak disukai dan karena perlunya untuk diatasi atau diperbaiki.

3. Menurut Soetomo masalah sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.

4. Menurut pendapat Soerjono Soekanto, Masalah Sosial adalah suatu ketidaksesuaian yang terjadi antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, dimana ketidaksesuaian tersebut dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial masyarakat.

5. Menurut Bulmer dan Thompson, Pengertian Masalah Sosial adalah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai di dalam masyarakat, sehingga dapat berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.




-) Contoh Masalah Sosial :

1. Kemiskinan
Kemiskinan yaitu merupakan suatu keadaan yang dimana terjadi ketidak mampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, diantaranya seperti: sandang, pangan dan papan. Kemiskinan bukan hanya terjadi di daerah-daerah plosok saja akan tetapi dapat terjadi juga di daerah perkotaan.

2. Pengangguran
Pengangguran merupakan salah satu contoh dari permasalahan sosial saat ini, meningkatnya jumlah penagguran biasanya disebabkan oleh jumlah penduduk yang semakin meningkat sedangkan jumlah lapangan kerja yang masih terbatas atau masih sedikit, hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak supaya dapat mengurangi jumlah pengangguran.

3. Masalah pada pendidikan
Kurangnya pendidikan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakan, misalnya seperti banyak anak-anak membantu orang tuanya untuk mencari nafkah, hal ini disebabkan karena ketidak mampuan mereka dalam membiayai sekolah.


4. Kriminilitas
Kriminalitas berasal dari kata crime yang artinya kejahatan. Kriminalitas adalah semua perilaku warga masyarakat yang bertentangan dengan norma-norma hukum pidana. Kriminalitas yang terjadi di lingkungan masyarakat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun luar individu. Tindakan kriminalitas yang ada di masyarakat sangat beragam bentuknya, seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, dan lain sebagainya. Tindakan kriminalitas yang terjadi di masyarakat harus menjadi perhatian aparat polisi dan masyarakat sekitar. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya masalah kriminalitas di lingkungan masyarakat, antara lain:


a. Membuat undang-undang, yang dapat mengatur dan membendung adanya tindakan kejahatan.

b. Peningkatan dan pemantapan aparatur penegak hukum.

c. Adanya partisipasi masyarakat untuk membantu kelancaran pelaksanaan penanggulangan kriminalitas.

d. Adanya koordinasi antara aparatur penegak hukum dengan aparatur pemerintah lainnya yang saling berhubungan.


5. Kesenjangan sosial ekonomi
Kesenjangan sosial ekondmi merupakan perbedaan jarak antara kelompok atas dengan kelompok bawah. Faktor-faktor yang mendorong terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat, antara lain:

a. Adanya pencemaran lingkungan alam.

b. Menurunnya pendapatan per kapita.


c. Ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah.

d. Rendahnya mobilitas sosial.

Kesenjangan sosial ekonomi dapat menimbulkan masalah di masyarakat, seperti munculnya tindakan kriminal, adanya kecemburuan sosial, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dalam masyarakat perlu adanya upaya untuk mengatasi kesenjangan sosial tersebut. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesenjangan sosial ekonomi, antara lain;


a. Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.

b. Memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

c. Adanya pemerataan pembangunan di daerah-daerah.


6. Kenakalan remaja
Remaja merupakan generasi muda penerus bangsa yang harus bisa membawa perubahan positif dan kemajuan Negara. Maju tidaknya suatu Negara dilihat dari kelakuan generasi mudanya. Masih disayangkan jika kita melihat bagaimana keadaan remaja Indonesia yang masih belum bisa memenuhi harapan bangsanya. Dari banyaknya kasus kriminal juga banyak dilakukan oleh remaja. Masalah yang paling sering terjadi seperti tawuran, merokok dan mengkonsumsi alkohol, kebut-kebutan di jalan yang mengganggu keamanan lalu lintas sampai bisa merenggut korban jiwa, hingga penyalahgunaan narkotika.



-) Faktor - faktor yang dapat menimbulkan masalah sosial
Masalah sosial dalam kehidupan masyarakat sangatlah banyak akan tetapi sebenarnya terdapat 4 (empat) faktor utama yang menyebabkan timbulnya masalah sosial, yang diantaranya seperti berikut ini:

1. Faktor ekonomi
Masalah dalam ekonomi biasanya berupa masalah pengangguran, kemiskinan dan lain-lain. Dalam masalah ini biasanya yang harus bertanggung jawab adalah pemerintah, karena pemerintah kurang menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Jika masyarakat mengalami permasalahan ini akan mengakibatkan sangat rentannya anggota masyarakat untuk melakukan tindakan kriminalitas dan kekurangan ekonomi dapat dijadikan suatu alasan atau pembenaran dalam melakukan tindakan tersebut.

2. Faktor psikologis
Selain faktor diatas ada juga faktor psikologis, masalah seperti ini dapat muncul jika psikologis suatu masyarakat sangat lemah. Faktor psikologis juga dapat juga muncul jika beban hidup yang berat yang dirasakan oleh masyarakat khususnya yang ada di daerah perkotaan, pekerjaan yang menumpuk sehingga menimbulkan stress lalu dapat menimbulkan luapan emosi yang nantinya dapat memicu konflik antar anggota masyarakat.

3. Faktor budaya
Faktor ini maksudnya kebudayaan yang semakin berkembang pada masyarakat akan mempunyai peran yang dapat memicu timbulnya masalah sosial. Misalnya seperti pernikahan pada usia dini, kawin-ceraii, kenakalan pada remaja dan lain-lain atau seperti saat ini negara kita sedang terus menerus dimasuki budaya asing.

4. Faktor biologis
Selanjutnya adalah faktor biologis, faktor ini dapat menyebabkan timbulnya masalah sosial misalnya seperti kurang gizi, penyakit menular dan lain-lain. Hal ini terjadi karena kurangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang layak dan dapat terjadi juga karena kondisi ekonomi maupun pendidikan masyarakat yang tidak mencukupi.

5. Media elektronik

Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan maju, mendorong banyaknya kemunculan media elektronik serta kemudahan mengaksesnya membuat semakin sulit tersaringnya informasi yang baik dan buruk. Bahkan tindak kriminal yang dilakukan oleh remaja & masyarakat juga bias diakibatkan oleh media elektronik yang tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat & remaja tersebut. Seperti tindak kekerasan yang dilakukan akibat menonton film-film/adegan yang memamerkan tindakan kekerasan, pelecehan seksual akibat menonton video-video porno yang beredar di internet serta penipuan-penipuan yang dilakukan melalui sosial media dan masih banyak lagi.


6. Lingkungan yang tidak menguntungkan
Lingkungan dalam hal ini mencakup lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah untuk anak remaja dan lingkungan masyarakat. Untuk remaja, kegiatan belajar mengajar di sekolah yang hanya duduk dan pasif mendengarkan membuat remaja menjadi bosan bahkan jengkel sehingga ia lebih cenderung menganggap bahwa bermain (dalam arti bergaul) jauh lebih menyenangkan dibanding belajar. Remaja yang belum mampu membentengi diri karena daya pikirnya pun yang masih labil, sangat mudah terjerumus kedalam pergaulan yang buruk dan bebas. Sedangkan di lingkungan masyarakat, jika lingkungan tersebut sebagian masyrakatnya memiliki kebiasaan yang buruk, masyarakat lain yang pada awalnya bagus, nantinya sesuai berjalannya waktu biasanya akan mengikuti kebiasaan negatif.



-) Dampak masalah sosial bagi masyarakat

Adanya berbagai masalah sosial di lingkungan masyarakat dapat membawa dampak bagi masyarakat itu sendiri. Dampak yang muncul juga sangat beragam, baik dampak positif maupun negatif. Adapun dampak dari adanya permasalahan sosial di masyarakat, antara lain:


1. Adanya kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin.

2. Meningkatkan kreatifitas masyarakat yang lebih beragam


3. Adanya perpecahan kelompok.

4. Munculnya perilaku menyimpang.

5. Daya saing masyarakat yang terus meningkat

6. Penurunan moral dan sikap di masyrakat

7. Meningkatnya tingkat kriminalitas.

8. Meningkatkan pengangguran


9. Munculnya paham-paham radikal


-) Cara mengatasi masalah sosial di masyarakat
Adapun beberapa cara untuk mengatasi masalah sosial, yang diantaranya sebagai berikut ini:

1. Mensosialisasilkan norma sosial dan nilai-nilai sosial.

2. Dapat menyediakan lapangan kerja yang banyak.

3. Memberikan sanksi sosial maupun hukum yang tegas bagi yang melanggar

4. Meningkatkan pemerataan pembangunan atau fasilitas publik.

5. Dapat meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan.

6. Meningkatkan kesadaran sosial.

7. Memberikan informasi yang positif untuk masyarakat

8. Memajukan pelayanan kesehatan bagi semua masyarakat

9. Memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan


           Demikianlah definisi dan deskripsi tentang masalah sosial, semoga informasi ini dapat berguna dan memberikan manfaat kepada pembaca. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan artikel ini.

Terimakasih.



-) Referensi :


http://www.astalog.com/7684/sebutkan-dan-jelaskan-contoh-masalah-sosial-dalam-kehidupan-masyarakat.htm

http://ajiprihandana.blogspot.sg/2014/10/masalah-masalah-sosial-yang-terjadi.html

https://mayasagisena.wordpress.com/2013/10/14/analisis-masalah-masalah-sosial-yang-ada-di-masyarakat-serta-penanggulangannya/
Share:

2 komentar:

  1. The Best Slots Casino For Free on Google Play - Dr.MD
    The 세종특별자치 출장마사지 best slots casino is now available in the Google 안동 출장마사지 Play 의정부 출장샵 Store you need to get your hands on 동해 출장마사지 a free spin bonus to 광명 출장안마 play at Casino of the Month,

    BalasHapus

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Pencarian

Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Popular Posts

Tweet Tweet

Like us

About me

Sponsor