Kamis, 01 Juni 2017

Passion saya dalam membangun budaya Indonesia

Pengertian Budaya

Kata Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, Budhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Ada pendapat lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi.
Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, dikarenakan Indonesia terdiri dari banyak pulau-pulau yang jumlahnya puluhan ribu. Dan hal ini menyebabkan masyarakat di Indonesia terdiri dari beranekaragam suku,budaya, kesenian dan bahasa yang berbeda-beda. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya tarian,adat,bahsa dan kesenian daerah yang berbeda setiap daerah maupun sukunya. Tetapi sayangnya di era sekarang,yaitu era globalisasi atau jaman modern kecintaan masyarakat kita terhadap budaya kita semakin memudar,tidak seperti dulu. Terbukti dari beberapa Bahasa serta budaya daerah dan juga suku-suku yang sudah punah maupun yang hamper punah. Kepunahan ini disebabkan oleh kurangnya rasa untuk melestarikan nya. Contohnya pada saat ini masyarkat Indonesia lebih suka dan mencintai budaya-budaya luar negeri, yaitu kpop dan jpop music,kdrama, anime dan cosplay.

Hal ini lah yang harus kita cegah, karena sebuah bangsa harus memiliki identitas khas dari bangsanya baik budaya,kesenian,Bahasa maupun sukunya. Kita dapat melestarikan nya serta memperkenalkan kepada bangsa lain di dunia sama seperti yang dilakukan oleh bangsa lain seperti Jepang dengan anime,cosplay, jpop dan bahasanya  dan juga Korea seperti kpop dan   kdrama nya. Padahal budaya Indonesia sangat banyak dan juga beragam dan setiap buadaya mempunyai ciri khas masing-masing.

Oleh sebab itu, disini saya akan menunjukan bagaimana passion dan cara saya untuk membangun dan mengembangkan budaya Indonesia yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari untuk melestarikan identitas bangsa Indonesia.

1. Menggunakan dan juga mencintai produk-produk dalam negeri ciptaan anak bangsa Indonesia
Saat ini di Indonesia sudah banyak karya-karya anak bangasa yang sudah berkembang contohnya sepatu kulit dari cibadyut, tas-tas merk lokal yang dibuat di Bandung, baju,kain serta barang-barang yang terbuat dari batik, kosmetik kecantikan merk lokal yang terbuat dari bahan-bahan tradisional/alami serta barang-barang elektronik. Dengan menggunakan serta mencintai produk-produk dalam negeri, bangsa kita akan mampu membangun rasa cinta kepada negara ini.

2. Menghargai serta melestarikan budaya-budaya di Indonesia
Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda setiap daerahnya, dengan saling menghargai dalam arti, tidak menganggap salah satu budaya lebih unggul/bagus daripada budaya yang lainnya. Kita sudah memupuk rasa persaudaraan yang baik serta rasa persatuan yang tinggi. Dan juga kita bisa melestarikan budaya-budaya tersebut, contohnya tardisi lokal yang sudah ada sejak lama, seperti acara syukuran, acara warga desa, acara setelah musim panen dll.


3. Mempelajari sejarah Indonesia
Sesuai dengan kata pepatah ‘Bangsa yang maju adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya’. Untuk itu kita harus mempelajari sejarah Indonesia, dengan demikian kita dapat mengetahui asal usul dari suatu kebudayaan dan tradisi. Dengan mempelajari sejarah Indonesia dan tidak melupakannya, maka kita juga ikut serta membangun dan menjaga budaya Indonesia.


4. Mengetahui budaya-budaya yang ada di Indonesia
Sebagai bangsa Indonesia kita harus mengetahui budaya-budaya daerah yang ada di Indonesia, seperti lagu-lagu tradisional/daerah, tarian-tarian tradisional, rumah adat serta alat-alat musik tradisional. Kita dapat mempelajari tentang bagaimana memainkan alat-alat musik tradisional, bagaimana bentuk, susunan dan struktur dari suatu rumah adat dan juga mempelajari tarian adat.


5. Partisipasi pada pawai/kegiatan budaya.
Mengikuti suatu pawai/kegiatan serta lomba yang bertemakan budaya yang biasanya diadakan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat ataupun daerah. Masyarakat dapat lebih mengenal serta mecintai budaya-budaya Indosia dengan cara yang lebih seru dan asyik, Karena acara-acara tersebut sangat meriah, sangat ramai, dan juga banyak sekali pertunjukan yang beraneka ragam.







6. Mencintai dan bangga terhadap kuliner Indonesia.
Setiap daerah di Indonesia tentunya punya kuliner tradisional/khas nya masing-masing. Kuliner tersebut tentunya berbeda-beda baik dari segi jenis/tipe nya maupun bumbu dan bahan-bahan yang digunakan, seperti di daerah D.I. Yogyakarta kuliner khasnya yaitu sayur Gudeg, Bapia Pathok, dll. Untuk di Jakarta ada soto Betawi, kerak telor, roti buaya,laksa Betawi dll. Di Bali kuliner khasnya yaitu Ayam betutu, sate lilit, sambal matah, lawar,serombotan, nasi jenggo dll. Masih banyak lagi daerah-daerah di Indonesia yang memiliki kuliner khasnya. Dengan kita mencintai kuliner khas Indonesia, kita juga turut mengembangkan dan membangun rasa cinta budaya Indonesia lewat kuliner. Bahkan banyak orang-orang asing pun yang suka dengan kuliner khas Indonesia, seperti sate,bakso, nasi goreng, gado-gado, soto dll.


7. Bergabung dengan komunitas budaya/kesenian
Jika kita ingin mebangun budaya bangsa Indonesia, kita bisa ikut serta dan begabung dalam komunitas kesenian. Di tempat inilah kita bisa saling mengenalkan budaya dari daerahnya masing-masing, selain itu dengan kita juga dapat mendapatkan informasi tentang event ataupun festival budaya yang akan diadakan. Didalam komunitas kita dapat melestarikan budaya dan tradisi Indonesia dengan menampilkan kepada publik bahkan dunia. Sehingga kita dapat menunjukan kepada dunia luar bahwa Indonesia tak kalah hebat dengan mereka di bidang budaya.


8. Membuat museum

Museum merupakan tempat yang dibutuhkan oleh suatu bangsa, karena di tempat inilah barang/benda bersejarah serta pengetahuan disimpan dan dirawat. Museum sangatlah penting dan berguna bagi masyarakat di suatu negara, di museumlah masyarakat dapat mempelajari pengetahuan tentang sejarah dan budaya di negaranya. Seperti di negara-negara maju yaitu Amerika, Perancis, Inggris, Jerman, Italia dan negara-negara lain di Uni Eropa. Mereka sangat menghargai museum, dengan cara membuat museum yang sangat besar, mewah, unik/khas, nyaman, bersih, fasilitas yang canggih/modern, isi museum yang beraneka ragam dan juga akses publik yang mudah,contohnya musée du louvre di Paris-Perancis. Negara-negara tersubut maju, karena bangsanya sangat menghargai sejarah dan budayanya. Di Indonesia cara ini dapat digunakan untuk menarik dan meningkatan minat generasi muda membangun rasa cinta terhadap budaya Indonesia. Jangan hanya mall-mall yang di buat besar dan mewah, tetapi juga museum nya. Karena kondisi kebanyakan museum-museum di Indonesia sangat memprihatinkan dan kurang terawat. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Pencarian

Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Popular Posts

Tweet Tweet

Like us

About me

Sponsor