Selasa, 13 Maret 2018

Review dari sebuah website


Website Museum 007 di Swedia



Dalam kesempatan ini saya akan mengulas tentang website museum 007 James Bond yang beralamat di www.007museum.com. Website ini merupakan website resmi museum James Bond (Film Series 007) yang terletak di Swedia. Website ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan Agen Rahasia Inggris, Agen 007 “James Bond”.


Fungsi dari website ini menampilkan koleksi-koleksi yang ada di museum tersebut untuk para fans James Bond dalam bentuk digital yang dikemas dalam bentuk website, namun jauh dari kesan menarik, terdapat banyak kekurangan yang sangat terlihat jelas, yaitu:

ü        User Interface & tampilan yang terkesan tidak ditata dengan baik dan asal asalan membuat user bingung untuk mencari info yang dicari.

ü        Pada bagian header yang terletak di halaman awal web terdapat sebuah banner yang menampilkan identitas web, namun selain itu juga terdapat info tulisan lain pada header yang agak mengganggu sebaiknya info-info tersebut dipindahkan ke bagian lain sehingga header dikhususkan untuk judul website saja, jika info-info tersebut penting lebih baik ditata dengan baik agar kelihatan rapih dan menarik.

ü        Terdapat isi web yang kurang konsisten, pada sebuah menu terdapat halaman yang berlatar belakang warna hitam,  sedangkan halaman awal berwarna putih,  sangat berbeda. Selain itu web ini juga tidak menggunakan tema khusus atau dalam kata lain CSS untuk user interface (UI) nya, terlihat dalam membuat table creator hanya menggunakan kode HTML dasar seperti pada gambar.

ü        Pada sebagian besar bagian web ini juga terlihat sangat sederhana, hanya menggunakan tulisan dengan font Times New Roman berwarna biru yang menunjukkan tulisan tersebut dapat di klik dan berisi hyperlink yang menuju ke halaman berikutnya, sehingga seperti dibuat asal-asalan.


ü        Informasi yang diberikan kurang menarik dan detail, sehingga akan mengurangi minat pembaca dan akan memberikan kesan yang kurang baik kepada pengunjung web tersebut .

ü        Sebenarnya maksud dari pembuatan web ini sudah benar yaitu menyajikan semua informasi yang berkaitan dengan film 007 James Bond, namun apabila hal tersebut diiringi dengan memberikan tampilan web yang lebih menarik, seperti UI yang lebih baik dan juga konten-konten yang telah diatur menurut grup/menu masing-masing, sehingga visitor dapat dengan lebih mudah menggunakan web tersebut.

Contoh web yang baik :




Ø  Kriteria untuk web yang bagus dari penulis:


ü  Memiliki Kompabilitas yang Baik
Compability (kompabilitas) yang dimaksud adalah tampilan website tidak “hancur” jika dibuka menggunakan berbagai macam browser. Seperti yang anda ketahui terdapat banyak browser yang bisa digunakan untuk mengakses sebuah website. Jenis browser yang umum dikenal diantaranya Google chrome, mozila firefox, internet explorer, opera, safari untuk android. Selain kompabilitas browser tampilan web pun harus baik jika dibuka di resolusi standar 800×600.

ü  Desain/UI Web
Desain adalah ‘rasa’ , nilai estetika (Warna, Layout, Elemen, Tipografi) ditentukan dari apresiasi dan persepsi setiap orang (user). Sebagian besar dari kita menilai sebuah buku berdasarkan dari cover nya, hal tersebut juga berlaku untuk website. Jika sebuah website terlihat kuno dengan desain yang “amburadul”, maka website tersebut akan kehilangan kredibilitasnya. Jika desain website terlihat up to date, maka pengunjung akan kerasan dengan website kita dan melanjutkan untuk menggali lebih dalam konten. Website sebaiknya memiliki tampilan yang menarik, agar pengunjung yang dituju semakin tertarik pada informasi yang dibagikan. Selain itu website harus memiliki desain yang memudahkan pengguna untuk menggunakan website.


Jangan sampai membuat pengguna bingung dengan desain website. Kadang-kadang sebuah website memiliki tampilan dengan hiasan-hiasan yang terlalu banyak. Hiasan-hiasan ini kadang malah membingungkan pengguna. Atau malah tampilan website yang terlalu biasa, juga bisa membuat user-interface yang kurang jelas. Berikan tampilan yang menarik dan juga berikan user-interface yang jelas.

ü  Funsionalitas
Penggunaan teknologi web yang cocok untuk misi yang hendak disampaikan sebuah situs web adalah yang dimaksud dengan fungsionalitas. Pengaksesan informasi dengan cepat dan baik adalah salah satu faktor penting sebuah situs web. Sehingga waktu download, kemampuan cross platform, dan browser independent sangat dominan dalam penilaian fungsionalitas sebuah situs.

ü  Loading time
Load time website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan tersebut, seperti elemen-elemen CSS, elemen-elemen HTML, elemen-elemen javascript, kecepatan akses internet, image dsb. Load time website sangat penting karena bisa mempengaruhi “kepuasan” pengunjung.
Jika website kita gagal ditampilkan dalam beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website. Hal ini sering terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat. Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama.

ü  Kecepatan dan Ukuran Website Ramah Visitor (visitor friendly)
Berbicara tentang kecepatan, semua pihak pastinya setuju jika website yang sangat cepat diakses merupakan indikasi website yang baik. Menampilkan konten berisi informasi secepat mungkin, tidak membuat pengunjung berlama-lama melihat “blank page” tanda bahwa halaman sedang “loading”. Siapa memangnya yang suka berlama-lama, membuang-buang waktu.

ü  Usabilitas.
Adalah kemampuan sistem agar mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya. Usability terdiri dari : Learnability: Kemudahan penggunaan dan waktu belajar , Efficiency: kecepatan kinerja , Memorability: daya ingat , Errors: tingkat kesalahan, dan Satisfaction: kepuasan subyek.



     ü  Interactivity (bersifat interaktif)
Bersifat interaktif disini dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna website. Pengunjung akan segera meninggalkan website kita jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website kita. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.
Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.

ü  Aksesabilitas dan kompatibilitas.
Adalah kemampuan sistem agar dapat diakses oleh pengguna yang memiliki keterbatasan. Setiap orang dapat menikmati informasi yang ada dalam sebuah situs tak terkecuali bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll). Dalam pembangunan sebuah situs Web kita tidak dapat gegabah agar hasil yang diperoleh lebih maksimal dan dapat “dinikmati” dalam berbagai keadaan audiens (user). Setiap orang dapat menikmati informasi yang ada dalam sebuah situs tak terkecuali bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll).

ü  Server Hosting dan Keamanan Website yang Baik
Dimana website anda ditempatkan? apakah server tempat website anda beroprasi sangat kokoh?. Seandainya website anda dikatakan sempurna, baik desain serta optimasinya. Semua menjadi sia-sia jika server website anda buruk kinerjanya. Kinerja server yang baik mempengaruhi kecepatan dan kekuatan website, serta tidak mudah down.

Ø  Kriteria Website yang Buruk
1. Tidak Mendukung Berbagai Jenis Perangkat
Tidak semua pengunjung membuka website anda menggunakan PC, bahkan sebagian besar menurut survey menggunakan perangkat monile khususnya hp. Kadang anda menemukan ketika mencari informasi, kemudian menemukan sebuah website menggunakan smartphone anda.


2. Kecepatan Lambat & Ukuran Besar
Website yang lambat di buka, lelet pasti membuat anda jengkel, begitupun saya dan umumnya pengunjung. Ukuran yang besar biasanya menjadi penyebab utama website sangat lelet. Terkadang kita melihat sebuah website dengan ukuran hingga 10 MB, segala di pasang, musik hingga background warna-warni. Mungkin maksudnya agar terlihat seperti brosur, brosur online.

3. Server Hosting Bermasalah Serta Tidak Mempunyai Sistem Keamanan
Server website anda sering down, lebih parah lagi sistem keamanannya sangat buruk. Hal ini akan menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi anda. Pengunjung yang potensial tidak jadi membeli produk anda, lebih parahnya semua data website anda hilang dikarenakan server terkena serangan hacker misalnya.

4. Tidak Adanya Optimasi Website
Ini sudah menjadi masalah umum, terutama bagi yang belum berpengalaman membangun sebuah website. Ketika website sudah terlihat oke, pembuatan website dinyatakan selesai. Sebenarnya jika mengurusi tampilan saja sebuah website tidak akan menghasilkan apapun. Website sudah online memiliki tampilan oke hanya setengah jalan dalam proses pembuatan website, sisanya seharusnya integrasi dan optimasi.


5. Desain Website Tidak Karuan
Sering anda melihat website yang tampilannya terlalu rame. Memang benar efek visual mampu membuat visitor terkagum2 melihat website anda. Jika tidak tepat hal ini menjadi kurang bersahabat di mata pengunjung, misal komposisi perpaduan warna juga tata letaknya. Banyak pemilik website yang meminta jasa pembuatan website agar mendesain websitenya sesuai keinginannya. Alasan ini memang benar, terserah suka-suka yang punya duit lah. Jika pemilik website mempunyai selera yang sama dengan pengunjung pada umumnya, tentu saja ini tidak menjadi masalah, bahkan sangat positif. Yang jadi masalah jika selera pemilik ini langka, menurutnya bagus padahal jelek di mata pengunjung keseluruhan.

6. Tidak Kompatibel dengan Berbagai Browser Juga Resolusi Standar
Terkadang suatu website tampilannya sangat oke jika dibuka menggunakan browser tertentu, misal google chrome. Namun ketika diakses menggunakan browse lain misalnya mozila, tampilan website jadi kacu balau. Hal ini bisa anda bayangkan semua pengunjung yang menggunakan firefox mozila pastinya langsung pergi tanpa membaca konten milik anda.







Ø    DAFTAR PUSTAKA:
    http://007museum.com/
    http://www.007.com/
    http://blog.sribu.com/ingin-membuat-website-jangan-meniru-desain-website-yang-buruk/
    https://thidiweb.com/kriteria-website-yang-baik-dan-buruk/
    https://www.baguz.net/info/multimedia/teknologi/20-dampak-negatif-penggunaan-internet/
    https://pakarkomunikasi.com/dampak-negatif-dari-internet
    https://www.nasa.gov/
    https://www.apple.com/
    https://www.microsoft.com/id-id

Share:

1 komentar:

  1. 36SLOT: Situs Slot Online Premium Terbaik Di Indonesia | Deposit Minimal Rp.10.000,-

    https://167.172.69.35/



    http://topsy.com/tb/167.172.69.35/posts/tv-peliculas-series/1499833/%5BMediafire%5D-The-Descent-%5BDVDRip%5D.html
    http://topsy.com/tb/167.172.69.35/posts/tv-peliculas-series/1499833/%5BMediafire%5D-The-Descent-%5BDVDRip%5D.html

    http://topsy.com/tb/latimesblogs.167.172.69.35/technology/2010/02/facebook-six-years-later-from-a-dorm-room-to-a-household-name.html



    http://topsy.com/tb/167.172.69.35/wiredscience/2009/12/saturn-hexagon/





    http://topsy.com/tb/latimesblogs.167.172.69.35/technology/2010/02/facebook-six-years-later-from-a-dorm-room-to-a-household-name.html







    BalasHapus

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Pencarian

Diberdayakan oleh Blogger.

Search This Blog

Pinterest Gallery

featured Slider

Popular Posts

Tweet Tweet

Like us

About me

Sponsor